Rabu, 13 Mei 2009

UN Pendidikan Kesetaraan Tertutup Bagi Siswa SMK

JAKARTA, SENIN- Ujian Nasional Pendidkan Kesetaraan (UNPK) Paket C atau setara SMA sederajat yang digelar pada 24-27 Juni tertutup bagi siswa sekolah menengah kejuruan/SMK. Ketentuan ini diberlakukan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
"UNPK Paket C yang pesertanya dari sekolah formal cuma untuk siswa SMA/MA, yang SMK tidak boleh lagi. Sebab, siswa SMK kan ada yang tidak memepelajari mata pelajaran yang masuk UNPK. Jadi lebih baik mereka mengulang saja. Apalagi orientasinya kan untuk bisa mencari kerja," kata Koordinator UNPK Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) M Yunan Yusuf di Jakarta, Senin (9/6).
Direktur Pendidikan Kesetaraan Depdiknas Ella Yulaelawati mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya siswa SMK bisa ikut UNPK Paket C dengan membuat pernyataan pindah jalur ke Paket C IPA atau Paket C IPS. "Ini memang aturan baru karena penyelenggara UNPK sekarang kan ditanggungjawabi BSNP. Ya, kita mengikuti saja ketentuan ini. Perbaikan ini kan demi menyetarakan lulusan Paket A, B, dan C sama dengan sekolah formal," kata Ella.

Ester Lince Napitupulu
http://www.kompas.com/read/xml/2008/06/09/14141823/un.pendidikan.kesetaraan.tertutup.bagi.siswa.smk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar