Rabu, 20 Mei 2009

Ribuan Siswa SMA/SMK Ikuti Ujian Nasional

Senin, Ribuan Siswa SMA, SMK Ikuti Ujian Nasional

Yogyakarta, CyberNews. Ribuan siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) akan mengikuti ujian nasional secara serentak mulai Senin (20/4). Dinas Pendidikan DIY menyatakan siap melaksanakan ujian termasuk pengedropan soal dengan pengawalan ketat kepolisian.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Provinsi DIY, Prof Dr Suwarsih Madya menegaskan distribusi soal mulai dilakukan Sabtu (18/4). Dia menjelaskan mulai dari penggandaan soal sampai pada distribusi ke sekolah - sekolah, pihak kepolisian melakukan pengawalan dan penjagaan.

"Penggandaan soal-soal sudah berlangsung sejak 19 Maret lalu dan akan berakhir 2 Mei 2009. Soal ujian untuk SMA sudah selesai semua dan besok (Sabtu, 18/4) didistribusikan ke masing-masing sekolah. Polisi ikut mengawal sampai menjaga agar tidak terjadi sesuatu," tandas dia, Jum'at (17/4).

Mengenai pembiayaan ujian nasional, dia menjelaskan mencapai Rp 5,2 miliar dari APBN. Uang sebesar itu untuk kegiatan penggandaan soal, distribusi, pengamanan, pelaksanaan ujian sampai pada pengawasan ujian. Selain guru-guru, pengawasan juga melibatkan pihak kampus dalam hal ini Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Ketua Pelaksana Ujian Nasional, Baskara Aji menambahkan siswa SMA/MA/SMA Luar Biasa dan SMK akan mengikuti ujian 20 24 April sedangkan siswa SMP/MTs dan SMP Luar Biasa akan menjalani ujian 27-30 April 2009. Standar kelulusan tahun ini naik 0.25 dibandingkan dengan tahun lalu. Siswa bisa mendapatkan ijazah apabila nilai rata-ratanya minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran, nilai minimal 4,00 untuk maksimal dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran yang lain.

"Sedangkan untuk sisa SMK, nilai uji kompetensi keahlian minimal harus 7,00 dengan nilai teori kejuruan minimum 4,00. Nilai kompetensi keahlian akandipakai untuk menghitung nilai rata-rata dengan begitu siswa dapat dinyatakan lulus atau sebaliknya," ujar dia.

Dia menjelaskan lebih lanjut, mata pelajaran ujian nasional tingkat SMA/MA/SMA LB tahun 2009/2010 jurusan IPA yakni Bahasa Indonesia, Biologi, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika dan Kimia sedangkan jurusan IPS adalah Bahasa Indonesia, Sosiologi, Bahasa Inggris, Matematika, Geografi dan Ekonomi.

Siswa jurusan Bahasa kan mengikuti ujian nasional berupa Bahasa Indonesia, Sejarah Budaya/Antropologi, Bahasa Inggris, Matematika, Sastra Indonesia, bahasa asing lainnya. Pada jurusan keagamaan, mata pelajarannya Bahasa Indonesia, Ilmu Kalam, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Hadist dan Tafsir.

Mata pelajaran ujian nasional SMK, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika (kelompok Tehnologi, Kesehatan, dan Pertanian/Kehiutanan), Matematika (kelompok pariwisata, seni dan kerajinan, tehnologi kerumahtanggan, pekerjaan sosial dan administrasiu perkantoran) serta Matematika untuk kelompok program ekahlian akuntansi dan penjualan.


http://www.suaramerdeka.com/beta1/index.php?fuseaction=news.detailNews&id_news=26706

Tidak ada komentar:

Posting Komentar