Rabu, 20 Mei 2009

Hari Ini UNS Siapkan 13.600 Formulir SPMB

KENTINGAN - Sebanyak 13.600 formulir seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) nasional telah disiapkan Panitia Lokal 44 UNS Solo. Menurut Sekretaris Eksekutif Panitia, Munawar Kholil SH MH, formulir-formulir itu saat ini sudah ditata dan siap digunakan untuk melayani calon mahasiswa selama pendaftaran, 20 Juni hingga 1 Juli mendatang.

"Selain formulir, para petugas yang akan melayani pendaftaran para calon mahasiswa itu juga sudah kami siapkan. Sudah ada pengarahan-pengarahan kepada mereka," jelasnya seusai rapat persiapan SPMB, kemarin.

Deputi I Panitia Lokal yang mengurusi SPMB Nasional, dokter Isdaryanto MARS, menambahkan, pendaftaran bagi lulusan SLTA 2003-2004, dilayani pada 20-21 Juni di loket-loket bagian belakang gedung pusat UNS kampus Kentingan.

Di tempat yang sama, juga dibuka pendaftaran secara perorangan bagi siswa kelas III SLTA 2005, namun pelayanannya mulai 22 Juni sampai 1 Juli. Khusus untuk pendaftaran secara kolektif siswa SLTA kelas III, dibuka 22-24 Juni di Wisma Tamu UNS, juga di Kentingan.

Yang sering menjadi pertanyaan masyarakat, lanjut dia, adalah syarat-syarat pendaftaran, karena pengumumam kelulusan siswa SLTA 2005 baru dilaksanakan 30 Juni, dan pendaftaran dibuka mulai 22 Juni.

"Syaratnya, para siswa kelas III yang belum punya ijazah atau surat tanda kelulusan harus membawa rapor asli dan foto kopi rapor kelas III semester satu 2005 yang disahkan kepala sekolahnya," jelasnya.

Batal

Bila mereka nanti diterima di program studi yang dipilihnya, maka saat daftar ulang yang bersangkutan harus menyertakan tanda lulus SLTA. Kalau mereka tidak bisa menunjukkan tanda lulus SLTA, maka penerimaan tersebut batal.

"Jika mereka yang mendaftar ternyata akhirnya tidak lulus SLTA, uang pendaftarannya tidak bisa ditarik lagi. Jadi, mereka yang tak lulus mestinya tahu diri untuk tidak mengikuti ujian tulis SPMB pada 6-7 Juli nanti," papar Isdiyanto.

Biaya pendaftaran bagi pendaftar kelompok IPA atau IPS saja sejumlah Rp 110 ribu per orang, sedangkan untuk kelompok IPC (campuran IPA dan IPS) Rp 135 ribu.

Pembayaran pendaftarannya, lanjut Munawar Kholil, di loket Bank BNI yang dibuka khusus di bagian belakang gedung pusat UNS. Untuk kelompok IPS ada tiga loket yang dibuka, IPA dua loket, dan IPC satu loket.

"Untuk pengambilan formulir pendaftaran IPS dibuka empat loket, IPA dua loket, dan IPC dua loket. Loket pengambilan formulir untuk laki-laki dan perempuan dibedakan, guna menghindari kesalahan persepsi nama. Misalnya Sri, kan ada yang laki-laki dan perempuan," tuturnya. (D11-18a)


http://www.suaramerdeka.com/harian/0506/20/slo02.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar