Rabu, 04 Maret 2009

MENGENAL PENDIDIKAN TINGGI DI INDONESIA
E. Kurikulum Pendidikan Tinggi


Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai mata kuliah maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan sistem penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar suatu program studi di perguruan tinggi.


Program studi adalah kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan akademik dan atau profesional yang diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum yang ditujukan agar mahasiswa dapat menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengan sasaran kurikulum.
Kurikulum pendidikan tinggi terdiri dari kurikulum inti dan kurikulum lokal.

Kurikulum inti pendidikan tinggi adalah bagian dari kurikulum pendidikan tinggi yang berlaku secara nasional untuk setiap program studi. Dalam kurikulum inti ini telah ditetapkan tujuan pendidikan, isi pengetahuan, dan kemampuan minimal yang harus dicapai peserta didik dalam penyelesaian suatu program studi. Kurikulum inti merupakan kelompok bahan kajian dan pelajaran yang harus dicakup dalam suatu program studi yang dirumuskan dalam kurikulum yang berlaku secara nasional. Kurikulum inti ini, kurang lebih menempati 60% dari keseluruhan kurikulum suatu program studi.

Kurikulum lokal pendidikan tinggi adalah bagian dari kurikulum pendidikan tinggi yang terdiri dari sejumlah bahan kajian dan pelajaran dari suatu program studi yang ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi. Penetapannya dilakukan dengan memperhatikan kesesuaiannya dengan keadaan dan kebutuhan lingkungan serta ciri khas perguruan tinggi yang bersangkutan. Kurikulum lokal ini menempati 40% dari kurikulum suatu program studi.

Dengan kurikulum yang hanya mengandung 60% sebagai kurikulum inti, maka program pendidikan yang diselenggarakan akan menjadi lebih luwes terhadap tuntutan yang ada. Perguruan tinggi mempunyai keleluasaan untuk menawarkan jenis-jenis mata kuliah untuk mengakomodasikan kebutuhan tertentu, baik yang merupakan tuntutan lokal, perubahan-perubahan industri, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, atau untuk mengacu kepada suatu kebutuhan tertentu. Disisi lain, terbuka juga kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang sesuai dengan jenis kerja yang diminati.

http://pocesoft.com/perguruan%20tinggi/BAB%2001%20kurikulum.htm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar